Total Pengunjung

Rabu, 17 Juni 2009

Pemberdayaan UMKM Bidang Pengrajin di Sabusu (2)

IbM
“PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)
BIDANG PENGRAJIN
DI WILAYAH SAUNG BUDAYA SUMEDANG (SABUSU)
JATINANGOR - KABUPATEN SUMEDANG”

Permasalahan yang dihadapi Mitra (pelaku UMKM di Sabusu) :
Rumusan permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM bidang Pengrajin di wilayah Sabusu, sebagai berikut:
§ Masalah Produksi; seperti kesulitan akses ke sumber bahan baku/bahan dasar, kualitas bahan baku, proses dan kualitas produksi serta desain produk.
§ Masalah Akses Permodalan; seperti kurang tersedianya dana dan sumber pendanaan dengan biaya dana yang terjangkau bagi UMKM, dan terbatasnya lembaga penyedia jasa keuangan atau penyalur modal bagi UMKM.
§ Akses Pasar; seperti lemahnya informasi dan jaringan informasi, baik antara UMKM maupun dengan penyedia jasa keuangan, serta kesulitan bagi para pelaku UMKM bidang pengrajin di wilayah Sabusu untuk memasarkan hasil kerajinannya.
§ Masalah Organisasi dan Manajerial; seperti belum dilakukannya dan belum dipahami pentingnya pembukuan usaha bagi UMKM, dan masih rendahnya kompetensi kewirausahaan pelaku UMKM

Berdasarkan uraian di atas, maka dalam aktivitas penerapan IbM ini akan dapat diketahui hal-hal sebagai berikut :
1. Aktivitas yang dapat diterapkan LKM/S kepada komunitas UMKM dalam upaya pemberdayaan UMKM bidang pengrajin di desa-desa dalam Kecamatan Jatinangor, Tanjung Sari, dan Pamulihan.
2. Bentuk implementasi pengintegrasian sektor riil ekonomi mikro dan pendanaan UMKM di desa-desa dalam Kecamatan Jatinangor, Tanjung Sari, dan Pamulihan.
3. Bentuk alternatif skema pembiayaan LKM/S kepada pelaku UMKM di desa-desa dalam Kecamatan Jatinangor, Tanjung Sari, dan Pamulihan.
4. Rumusan peningkatan kualitas pelayanan LKM/S yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para pelaku UMKM di desa-desa dalam Kecamatan Jatinangor, Tanjung Sari, dan Pamulihan.

Oleh :
Imam Kambali, SE., MM : ikbali@yahoo.com
dan
Kanaidi, SE., M.Si : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar