Total Pengunjung

Rabu, 03 Juni 2009

Mengenal LKMS Net KAS Poltekpos Bandung

(Bisnis Syariah Online)

LKMS Net KAS Poltekpos didirikan sebagai salah satu bentuk kepedulian dunia pendidikan terhadap masyarakat dan kaum duafha yang berkeinginan untuk merubah tarap hidup yang lebih baik dan lebih maju.

A. Keunggulan LKMS Net KAS Poltekpos:

1. LKMSNet KAS adalah lembaga keuangan mikro formal-non perbankan (telah mendapatkan izin usaha nasional dari Menteri Negara KUKM dan BAZNAS), yang dalam aktivitas usahanya bergerak secara syariah, yaitu menerapkan pola bagi hasil (profit sharing).
2. LKMSNet KAS berskala nasional dengan fokus kegiatan usahanya terutama ditujukan bagi pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK) dan memiliki cabang serta nasabah di beberapa tempat di seluruh Indonesia, sehingga memungkinkan untuk membantu PT Pos Indonesia dalam melaksanakan penerimaan setoran SOPP dari para penyetor yang belum melakukan pembayaran melalui Kantor Pos (yang berdasarkan pengamatan berjumlah sekitar 80% dari keseluruhan penyetor SOPP).
3. LKMSNet KAS dalam pelaksanaan kegiatan usahanya telah menggunakan sistem Information Technology (IT) mutakhir, berupa core banking (bisnis online) yang terkoneksi secara online antar cabang, yang juga sudah dilengkapi dengan aplikasi dan perangkat pendukung berupa Authomatic Teller Mechines (ATM) dan Electronic Data Captures (EDC), sehingga memungkinkan untuk link (secara online system) dengan 1.300 BMT anggota ABSINDO di seluruh Indonesia, serta dengan EDC yang dibawa oleh petugas memungkinkan untuk menerima setoran SOPP secara jemput bola ke rumah-rumah.
4. Lokasi usahanya Kantor Pusat LKMSNet KAS berada di lingkungan kampus Politeknik Pos Indonesia. Dengan demikian, berdekatan dengan tempat aktivitas proses belajar mahasiswa.
5. LKMSNet KAS POLTEKPOS dalam aktivitas usahanya menunjukkan kinerja yang baik dalam kemajuan pelayanan dan kecepatan pertumbuhan usahanya.
6. LKMSNet KAS POLTEKPOS dapat digunakan sebagai ”laboratorium hidup”, yaitu sebagai tempat praktikan (magang) yang mendukung upaya tumbuhnya jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) bagi mahasiswa Poltekpos dan masyarakat, baik dalam bidang penerapan IT, manajeman keuangan/pembukuan, micro finance, pengelolaan zakat, infaq, dan shodakoh, maupun aktivitas kewirausahaan lainnya.
7. Melalui di LKMSNet KAS memungkinkan bagi mahasiswa setelah lulus nanti untuk menjalankan usaha di bidang mikro dan kecil yang sejenis dengan LKMS Net KAS, atau membuka cabang usaha dari LKMS Net KAS di daerah tempat asal mahasiswa, maupun di daerah lain yang memiliki potensi ke arah kewirausahaan dimaksud.

B. Aktivitas usaha LKMSNet KAS

Berbagai aktivitas usaha yang dilaksanakan LKMSNet KAS, antara lain :

1. Sisi Baitul Maal, meliputi ;
1). Penghimpunan zakat, infaq, shodakoh, hibah dll dari masyarakat.
2). Penyaluran dan pembagian zakat, infaq, shodakoh, hibah dll tersebut kepada yang berhak sesuai dengan ketentauan syariah.
3). Pemberian pelatihan ketrampilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
4). Melakukan kegiatan sosial dan keagamaan berupa ; bantuan sosial (ke panti asuhan, panti jompo, pembangunan tempat ibadah, dll), pemberian bea siswa (qardhul hasan) bagi pelajar/mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, dan pemberian bantuan pinjaman modal usaha produktif bagi kaum duafha yang memiliki kemampuan fisik dan kemauan untuk melakukan kegiatan usaha guna merubah/meningkatkan tarap hidupnya.


2. Sisi Baitul Tamwil, meliputi ;
1). Pelayanan tabungan/simpanan (saving), berupa Kas wadiah, wadiah qurban, wadiah haji, wadiah PKL, wadiah wisuda, dll
2). Penyaluran bantuan kredit modal usaha produktif (mudharabah) kepada UMK dan masyarakat dengan pola bagi hasil (profit sharing).
3). Malaksanakan usaha jual beli, baik berupa peralatan maupun produk, yang dibutuhan pelaku UMK dan masyarakat (murabahah), serta usaha musyarakah dan ijarah.
4). Melakukan pelayanan gadai (rahn) bagi pelaku UMK dan masyarakat.
5). Melakukan pelayanan SOPP, berupa jasa pembayaran rekening listrik, telepon, air minum, kredit kendaraan bermotor, dll.
6). Pemberian pelatihan ketrampilan dan pendampingan sesuai dengan kebutuhan UMK dan masyarakat, atau pelatihan ketrampilan yang disyaratkan pasar tenaga kerja atau pemesan.
7). Melakukan kegiatan lain dengan prinsip syariah yang saling menguntungkan ke dua belah pihak.

C. Proses Penciptaan Jasa

Jasa keuangan mikro syariah di LKMSNet KAS dihasilkan melalui proses sebagai berikut :

1. Proses penciptaan jasa keuangan mikro syariah jenis Baitul Maal ;

1). Zakat, infaq, shodakoh, hibah dll dihimpun dari masyarakat.
2). Kemudian zakat, infaq, shodakoh, hibah dll tersebut disalurkan dan dibagikan kepada yang berhak sesuai dengan ketentauan syariah, baik di lingkungan kampus (seperti berupa pemberian bea siswa produktif ”Qardhul Hasan” ke para mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu), maupun kepada para kaum duafha lainnya (berupa bantuan sosial keagamaan ke panti asuhan, panti jompo, pembangunan tempat ibadah, dll), serta pemberian pelatihan ketrampilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
3). Sebagian dari hasil penghimpunan zakat, infaq, shodakoh, hibah dll dari masyarakat tersebut juga disalurkan berupa bantuan pinjaman modal usaha produktif kepada para kaum duafha yang memiliki kemampuan fisik dan kemauan untuk melakukan kegiatan usaha guna merubah/meningkatkan tarap hidupnya.

2. Proses jasa keuangan mikro syariah jenis Baitul Tamwil;
1). Setoran tabungan/simpanan yang berasal dari masyarakat diterima LKMS Net KAS, berupa tabungan/simpanan Kas wadiah, wadiah qurban, wadiah haji, wadiah PKL, wadiah wisuda, atau deposito berjangka.
2). Dana hasil penerimaan setoran tabungan/simpanan atau deposito no 1) tersebut di atas ditambah dengan modal usaha yang dimiliki LKMS Net KAS dan penyertaan digunakan untuk :
a. Usaha bantuan kredit modal produktif (mudharabah) bagi UMK dan masyarakat, baik di dalam kampus (kepada mahasiswa produktif, Dosen/staf) maupun di luar kampus, dengan pola bagi hasil (profit sharing).
b. Usaha jual beli, baik berupa peralatan maupun produk, yang dibutuhan pelaku UMK dan masyarakat (murabahah), serta usaha musyarakah dan ijarah (leasing).
c. Usaha layanan gadai (raihan) bagi pelaku UMK dan masyarakat yang memiliki benda berharga dan membutuhkan dana pinjaman.
d. Usaha layanan SOPP bagi masyarakat (terlebih setelah menjadi Main Distributor), berupa layanan jasa penerimaan pembayaran/setoran rekening listrik, telepon, air minum, kredit kendaraan bermotor, dll.
e. Pemberian pelatihan ketrampilan dan pendampingan sesuai dengan kebutuhan UMK dan masyarakat, atau pelatihan ketrampilan yang disyaratkan pasar tenaga kerja atau pemesan.
f. Kegiatan usaha lainnya dengan prinsip syariah yang saling menguntungkan ke dua belah pihak.

D. Sumberdaya yang dimiliki

LKMSNet KAS yang telah memiliki izin usaha secara nasional berkantor pusat di lingkungan kampus Politeknik Pos Indonesia Jln. Sariasih No. 54 Bandung. Saat ini LKMSNet KAS memiliki beberapa cabang usaha, yaitu di Jatinangor (Sabusu) Sumedang, Cilengkrang Ujung Berung Bandung, Cililin Kabupaten Bandung Barat, di Cianjur, dan di Bukit Tinggi (Sumatera Barat), serta dalam tahun 2009 ini akan direalisasi pembukaan cabang baru yang operasinya secara online system di 50 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dari sisi pelaksanaan kegiatan usahanya, LKMSNet KAS memiliki sumberdaya operasional, baik berupa gedung/kantor pelayanan, maupun sistem operasi mutakhir, berupa core banking yang telah terkoneksi secara online antar cabang, dan telah dilengkapi dengan aplikasi/perangkat pendukung berupa Authomatic Teller Mechines (ATM) dan Electronic Data Captures (EDC) sebagaimana diuraikan di atas.
Di samping sistem operasi tersebut terkoneksi secara online antar cabang, juga terkoneksi dengan 1.300 BMT/LKMS anggota ABSINDO (Asosiasi Baitul maal wa Tamwil Se Indonesia) yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sedangkan sumber daya manusia pengelola usaha LKMSNet KAS adalah para karyawan trampil dan profesional yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan usaha mikro syariah yang ditujukan terutama pada upaya pemberdayaan UMK dan peningkatan potensi masyarakat.

Info lebih lanjut hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Direktur LKMS Net KAS POLTEKPOS)
Jln. Sariasih No. 54 Bandung 40151
kana_ati@yahoo.com
HP. o812 2353 284

Baca juga Majalah Online Masyarakat Bisnis :: Inkubator-Bisnis.Com
"BMT Model Kantor Pos di Kampus Poltekpos diresmikan"
www.inkubator-bisnis.com/cetak.php?id=1317

Related Posting :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar